Minggu, 01 Juni 2008

Best Proposal


PENDAHULUAN

Saat ini Indonesia sedang menuju era globalisasi dimana akan dimulai dengan perdagangan bebas di masa mendatang. Namun di sisi lain, kesiapan masyarakat Indonesia dalam menyambut era perdagangan bebas tersebut dirasa sangat kurang. Hal ini ditandai dengan terpuruknya kondisi perekonomian Indonesia sejak tahun 1997 yang efeknya masih dirasakan sampai sekarang.

Ketidakpercayaan hampir di banyak kalangan masyarakat terhadap pemerintah juga memperburuk kondisi perekonomian Indonesia, ditambah lagi dengan kondisi politik Indonesia yang dinilai tidak stabil, sehingga membuat banyak orang berpikir bahwa berinvestasi di Indonesia mempunyai resiko yang sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan banyak investor yang “melarikan” investasinya dari Indonesia. Dampaknya adalah terjadinya ledakan pengangguran, terutama di sektor formal.

Dengan kondisi yang sedemikian rupa, PT Maxgain Internatioanl Futures menawarkan alternatif investasi jangka pendek yang menguntungkan dan berguna untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jenis investasi yang kami tawarkan adalah di bidang perdagangan bursa berjangka terutama INDEX MARGIN TRADING yang belakangan ini semakin populer di Indonesia. Alternatif investasi yang kami tawarkan tidak bersentuhan dengan setiap kebijakan yang dibuat pemerintah baik dari segi politik maupun ekonomi sehingga aman bagi investor.

Investasi dalam bentuk Index Margin Trading yang ditawarkan di PT Maxgain International Futures adalah salah satu bentuk investasi untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi nilai index dari pasar tertentu, dalam hal ini yang ditawarkan di PT Maxgain International Futures adalah Hong Kong Index dan Jepang Index, dimana perdagangan ini dilakukan dalam bentuk kontrak tertentu dengan menggunakan sistem margin jaminan, dengan mengacu pada harga pasar yang berlaku pada saat transaksi dilakukan.

Salah satu keunggulan investasi ini adalah mekanisme margin trading, dalam hal ini sejumlah margin jaminan yang disyaratkan harus disetor oleh investor pada saat mengikuti transaksi hanya berfungsi sebagai dana jaminan agar investor yang terlibat transaksi tetap memenuhi komitmennya dan dapat memenuhi kewajiban keuangan jika diperlukan. Dengan mekanisme ini posisi saldo keuangan secara neraca transaksi investor hanya akan di kredit atau di debet sesuai nilai keuntungan atau kerugian yang timbul akibat adanya selisih niai transaksi yang terjadi pada saat pembukaan dan penutupan kontrak. Manfaat lain dari sistem ini adalah investor tidak perlu mengeluarkan dana sebesar nilai transaksi seluruhnya namun hanya sekian persen dari nilai total transaksi.



PT. MAXGAIN INTERNATIONAL FUTURES



Visi dan Misi

Visi Perusahaan kami dalam mengelola asset investasi nasabah adalah mencapai peningkatan modal jangka panjang dengan menekankan pada proses investasi yang sistematis dan disiplin.

Misi pendirian Perusahaan ini adalah menyediakan jasa untuk membantu para pemilik modal (investor), baik Retail Investor maupun Corporate Investor, untuk mengembangkan investasinya dengan melakukan transaksi pada perdagangan berjangka. Dengan didukung oleh konsultan finansial serta praktisi yang berpengalaman dan profesioanl dalam jenis usaha ini, PT Maxgain International Futures bertekad untuk memberikan kemudahan berinvestasi dan pelayanan yang terbaik.

Filosofi investasi kami adalah mencapai tingkat keuntungan optimal dan konsisten terhadap tingkat resiko yang dapat diterima nasabah dengan tujuan dan arahan investasi yang telah disepakati.




Perdagangan Berjangka

Perdagangan Berjangka dilakukan di Bursa Berjangka, yang memperdagangkan Kontrak Berjangka berbagai komoditi.

Dengan demikian di bursa akan terdapat banyak pasar berjangka, sesuai dengan banyaknya komoditi yang diperdagangkan. Di bursa, pembeli dan penjual bertemu satu sama lain dan melakukan transaksi untuk membeli/menjual sejumlah komoditi untuk di kemudian hari sesuai isi/spesifikasi kontraknya.

Ada dua manfaat utama dari penyelenggaraan perdagangan berjangka komoditi, yaitu sebagai sarana pengontrolan resiko melalui kegiatan lindung-nilai atau “hedging”, dan sebagai sarana pembentukan harga.



STOCK INDEX MARGIN TRADING
SEBAGAI PILIHAN INVESTASI

Stock Index
adalah indikator pasar yang merupakan pengikatan terhadap fluktuasi pergerakan harga rata-rata saham total yang ada pada suatu bursa efek. Stock Index bukanlah suatu instrumen investasi, melainkan suatu indikator yang dapat menggambarkan kondisi perekonomian suatu negara.
Berawal dari kebutuhan akan sarana lindung nilai (hedging) dibentuklah Stock Index Futures yang kemudian terus berkembang menjadi suatu instrumen investasi yang berdiri sendiri yang mengacu pada perubahan yang terjadi pada harga Stock Index Spot.

Produk

Hong Kong Index (HKH5U)

Japan Index (JPH5U)


Adapun keuntungan-keuntungan dengan investasi dibidang ini adalah :


Ø Likuiditas


Dengan membuka rekening di PT Maxgain International Futures (sebagai penyedia fasilitas trading). Dengan investasi awal minimal sebesar US$ (lihat posting Trading Plan) yang dapat ditentukan dengan nilai tukar Floating Rate (mengikuti rate terkini).
Modal yang ada dapat ditarik sewaktu-waktu oleh nasabah tanpa ada fee apapun, sehingga modal yang digunakan dalam margin trading sifatnya sangat likuid. Jaminan transaksi per round dalam bisnis ini adalah $ 2,000/round. Setiap transaksi lengkap dikenakan biaya $ 240/round.

Ø Kesempatan yang tidak terbatas

Dalam investasi apapun selalu terdapat keterbatasan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Namun hal ini tidak dijumpai dalam perdagangan instrumen keuangan dengan menggunakan margin trading yang menawarkan two ways trading opportunity.


a. Transaksi Beli Dahulu, Jual Kemudian (untuk kenaikan Harga)

Ilustrasi : Jika diperkirakan Indeks Hong Kong mengalami pergerakan naik atau menguat maka kita dapat mengambil posisi beli (buy) dan jika dirasa kenaikan indeks tersebut sudah cukup maka kita mengambil posisi jual (sell) (untuk likuidasi/settlement) untuk mengambil keuntungan.

Contoh perdagangan: Nilai Spot Indeks Hong Kong running di 13950 dan kita mengambil posisi beli (buy) sebanyak 1 round. Jika dalam beberapa waktu kemudian nilai Spot Indeks Hong Kong mengalami kenaikan menjadi 13980, kita dapat segera menjual (sell) untuk mengambil keuntungan dari kenaikannya. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan berikut ini :
Keuntungan = Nilai Jual – Nilai Beli
= 13950 – 13980
= 30 point.

Jadi keuntungan yang diperoleh sebesar 30 point.
Perhitungan Total keuntungan bersih sebagai berikut :

= (Point keuntungan x Value per Point)– Brokerage Fee) x Jumlah Round

= (Nilai Sell-Nilai Buy) x US$ 50) - $240) x jumlah round

= (30 point x US$ 50) - $ 240) x 1
= (US$ 1500 - US$ 240) = US$ 1,260

= Rp 11.529.000,- (asumsi dgn floating rate Rp 9.150 per dolar)


b. Transaksi Jual Dahulu Beli Kemudian (untuk penurunan harga)

Ilustrasi : Jika diperkirakan Indeks Hong Kong mengalami penurunan atau melemah maka kita dapat mengambil posisi Jual (Sell) dan jika dirasa Penurunan indeks tersebut sudah cukup maka kita mengambil posisi Beli (Buy) (untuk likuidasi/settlement) untuk mengambil keuntungan.

Contoh perdagangan: Nilai Spot Indeks Hong Kong running di 14100 dan kita mengambil posisi jual (sell) sebanyak 1 round. Jika dalam beberapa waktu kemudian nilai Spot Indeks Hong Kong mengalami penurunan menjadi 14075, kita dapat segera mengambil posisi beli (buy) untuk likuidasi dan mengambil keuntungan dari penurunannya. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan berikut ini :

Keuntungan = Nilai Jual – Nilai Beli
= 114100 – 14075
= 25 point.

Jadi keuntungan yang diperoleh sebesar 25 point.
Total Perhitungan keuntungan bersih sebagai berikut :
= (Point keuntungan x Value per Point)–Brokerage Fee)xJumlah Round

= (Nilai Sell-Nilai Buy) x US$ 50) - $240) x jumlah round

= (25 point x US$ 50) - $ 240) x 1
= (US$ 1250 - US$ 240) = US$ 1,010
= US$ 1,250 - US$ 240 = US$ 1,010
= Rp 9.241.500,- (asumsi dgn floating rate Rp 9.150 per dolar)

Ø Pengambilan keputusan sepenuhnya hak Investor

Dalam proses trading dipasar indeks maka keputusan untuk jual atau beli ada ditangan anda sebagai nasabah PT Maxgain International Futures. Untuk itu anda akan dibantu dengan laporan kondisi pasar dan analisa–analisa maupun faktor–faktor fundamental serta grafik pergerakan indeks saham.

Ø Konfirmasi

Dalam hal transaksi maka anda akan selalu diberikan laporan harian (Daily Statement) mengenai transaksi perdagangan.
Nasabah dapat membuka website kami untuk memperoleh informasi selama 24 jam non stop dari hari senin sampai hari jumat. http:// www.maxgain.co.id

Ø Resiko

Investasi indeks saham bukanlah investasi yang tanpa beresiko (sebenarnya tidak ada satupun investasi yang tidak beresiko, maka seharusnya anda curiga terhadap orang yang menawarkan investasi tanpa resiko), namun dalam bisnis ini resiko kerugian dapat dikontrol dengan pengelolaan resiko (risk management), analisis secara fundamental dan teknikal, maka resiko yang dihadapi dapat diminimalkan.

Ø Keuntungan

Mudah untuk bertransaksi, tanpa menunggu pembeli & penjual (Ready seller and buyer System), dan tidak perlu harus datang ke bursa, semua dilakukan melalui e-trading (electronic trading,online).


Penyertaan modal yang relatif kecil dari yang harus diserahkan sebenarnya (1:200)


Two ways trading system, setiap pergerakan angka indeks, baik naik maupun turun, memberikan kesempatan penuh untuk bertransaksi (bisa membuka posisi beli/buy atau jual/sell) terlebih dulu agar bisa mengambil keuntungan.


Investor hanya dikenakan trading fee sebesar USD 240 / round / transaksi.
Besar kerugian yang dihadapi dapat dikontrol oleh investor (dengan pengelolaan resiko yang baik (risk management) dan analisis secara fundamental dan teknikal, maka resiko yang dihadapi dapat diminimalkan.
Pemantauan harga dapat dilakukan secara 'online' melalui fasilitas internet (dimana harga perdagangan mengacu pada harga internasional).

Spread / selisih harga jual-beli yang relatif kecil (8 point).


Fasilitas penarikan dana cepat dan mudah, 1 x 24 jam.


Aman. Dana nasabah disimpan ke rekening terpisah (segregated account) yang telah didaftarkan ke Bappebti dan diawasi oleh KBI (Kliring Berjangka Indonesia), sehingga dana nasabah tidak dapat disentuh oleh pihak bank dan pihak perusahaan, dan dana tersebut tidak dapat diklaim sebagai harta perusahaan ataupun bank.


(untuk keanggotaan di Bappebti, BBJ, dan KBI sebagai lembaga pengesah perusahaan yang bergerak di bidang pasar berjangka, dapat anda lihat di "Sekilas Mengenal Kami")


ATURAN TANSAKSI

HKH5U

JPH5U


1. Minimum Deposit

HKH5U US$ (lihat posting Trading Plan)(standard package)
JPH5U US$ (lihat posting Trading Plan)(standard package)

2. Margin / Transaksi

HKH5U US$ 2000 daytrading
US$ 30000 over night trading

JPH5U US$ 2000 daytrading
US$ 30000 over night trading


3. Komisi Transaksi

HKH5U US$ 240 / Round
JPH5U US$ 240 / Round


4. Waktu Transaksi


HKH5U Senin – Jumat
Sesi 1 pk. 09.00 – 11.30 WIB
Sesi 2 pk. 13.30 – 15.10 WIB
JPH5U Senin – Jumat
Sesi 1 pk. 07.00 – 09.00 WIB
Sesi 2 pk. 10.30 – 13.00 WIB

5. Spread/ Pips

HKH5U 8 point
JPH5U 8 point


6. Masa Kontrak

HKH5U Gulir
JPH5U Gulir



Prosedur Transaksi di PT. Maxgain International Futures :


1. Membuka Rekening dengan deposit min. senilai US$ (lihat posting Trading Plan)(floating rate) di Bank Niaga atas nama PT. Maxgain International Futures

2. Menandatangani Customer Agreement (Kesepakatan komitmen melakukan investasi) yang sudah dibacakan oleh Wakil Pialang dan dipelajari oleh investor sebanyak 2 eksemplar.

3. Memberikan fotocopy KTP/Paspor 2 lembar.

4. Penyetoran dana di rekening terpisah (segregated account) Bank Niaga a/n PT. Maxgain International Futures dengan nomor rekening 022.02.12573.00.9 (Bank Niaga cabang Gajah Mada)

Bukti Sebagai Investor :

1. Memperoleh Tanda Terima bukti Penyetoran dana (Margin Deposit Note).
2. Memperoleh Buku Perjanjian Nasabah (Customer Agreement) 1 eksemplar.
3. Memperoleh Laporan Keuangan (Client Statement) setiap hari.











Tidak ada komentar: